Koneksi Lancar tapi Tidak Bisa Main Game Online, Ini Masalah dan Solusinya

 

Koneksi Lancar tapi Tidak Bisa Main Game Online, Ini Masalah dan Solusinya
R8ESPORTSKoneksi lancar tapi tidak bisa main game online? Hal ini mungkin pernah kamu alami dan tentunya menjadi hal yang menjengkelkan buat para gamers.

Terkadang masalah yang terjadi adalah user tidak bisa masuk ke game atau sudah bisa menjalankan game tapi mengalami lag atau putus-putus. Padahal ketika dicoba untuk menonton streaming YouTube atau download file, koneksi internetnya bisa lancar.

Coba simak dulu artikel ini untuk mengetahui kemungkinan masalah yang terjadi. Ada beberapa cara penanganan yang bisa kamu coba.

Penyebab Koneksi Lancar tapi Tidak Bisa Main Game Online

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab koneksi lancar tapi tidak bisa main game online:

1. Masalah Latensi

Dikutip dari High Speed Internet, faktor latensi lebih penting dalam game online dibandingkan dengan bandwidth (kecepatan unduh). Tentunya, bandwidth juga ikut mempengaruhi kecepatan internet.

Latensi adalah jumlah waktu yang diperlukan sinyal untuk berpindah dari komputermu ke server game, lalu kembali ke komputermu. Semakin rendah tingkat latensi akan semakin baik.

Biasanya internet dengan bandwidth tinggi juga memiliki tingkat latensi rendah. Tetapi tidak selalu begitu. Terkadang tingkat latensi juga tidak stabil sehingga menyebabkan lag.

Latensi hingga 100 ms sebenarnya masih cukup untuk memainkan game online. Namun akan lebih baik jika di bawah 50 ms.

2. Lokasi Geografis

Melansir CenturyLink, lokasi geografis juga bisa mempengaruhi kelancaran bermain game online. Semakin dekat tempatmu ke server maka semakin cepat data melakukan perjalanan bolak-balik antara perangkatmu dan server.

3. Jenis Koneksi Internet

Ada banyak penyedia internet dengan jenis koneksi yang berbeda-beda pula. Jenis koneksi ini dapat berperan pada bandwidth dan latensi. Internet broadband DSL maupun internet fiber biasanya memberikan koneksi yang cukup untuk bermain game online yang bebas lag.

4. Peralatan

Untuk mendapatkan koneksi internet terbaik, pastikan kamu menggunakan peralatan yang tidak ketinggalan zaman. Perbarui router kamu jika masih menggunakan tipe yang ketinggalan zaman.

5. Grafis yang Tinggi

Beberapa game online membutuhkan grafis yang tinggi, berbeda dengan menonton film. Game online memerlukan pemrosesan grafis dan input yang cepat di perangkat komputer sebelum melalui transfer data internet.

6. Jumlah Perangkat yang Terhubung ke Internet

Jumlah perangkat yang terhubung ke internet juga bisa mempengaruhi kelancaran bermain game online. Misalnya WiFi di rumah dipakai untuk lima orang akan lebih lambat jika dibandingkan dipakai oleh satu orang.

7. Jarak ke Router WiFi

Selain lokasi server, jarak antara perangkatmu dengan router WiFi juga bisa mempengaruhi kelancaran internet.

8. Gangguan Elektromagnetik

Gangguan sinyal elektromagnetik dari perangkat elektronik lain yang ada di sekitar kamu juga dapat mengganggu jaringan internet, sehingga bermain game online bisa terganggu.

9. Masalah Teknis

Masalah teknis bisa terjadi dan mengganggu kelancaran bermain game online. Masalah teknis bisa terjadi pada modem, router, komputer, server, maupun dari game-nya sendiri.

Cara Mengatasi Koneksi Lancar tapi Tidak Bisa Main Game Online

Setelah mengetahui kemungkinan penyebab koneksi lancar tapi tidak bisa main game online, kalian bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara yang dirangkum dari situs High Speed Internet dan CenturyLink:

1. Hubungkan Lewat Ethernet

Jarak perangkat ke router WiFi bisa berpengaruh pada koneksi internet. Coba hubungkan lewat ethernet atau kabel untuk koneksi yang lebih baik. Mungkin perbandingan waktunya hanya kisaran milidetik, tapi bagaimana pun koneksi kabel lebih stabil.

2. Pilih Server Terdekat

Jarak tempatmu berada dengan server juga berpengaruh. Pilihlah server game yang paling dekat dengan daerahmu.

3. Kurangi Lalu Lintas Jaringan

Terkadang main game online terganggu bukan karena router. Banyaknya lalu lintas jaringan internet juga menghambat latensi dan bandwidth. Misalnya karena jaringan digunakan beberapa perangkat sekaligus, terlebih jika perangkat lain menggunakannya untuk streaming video atau download file besar.

4. Tutup Program yang Tak Perlu

Jika tidak ada pengguna jaringan lain selain kamu, coba cek komputermu sendiri. Ada berapa program yang membutuhkan internet, baik yang berjalan di foreground maupun di background.

5. Cek Pengaturan Router

Jika router yang kemungkinan jadi masalah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah merestart router tersebut. Beberapa router menawarkan fitur yang bisa memprioritaskan perangkat atau program tertentu, lakukan pengaturan untuk hal ini.

6. Ganti Router

Cek lagi jenis router kamu. Jika masih menggunakan jenis router lama, mungkin sudah ketinggalan zaman. Beberapa tahun terakhir ada pemutakhiran teknologi sehingga dapat menangkap dan mengirimkan jaringan lebih cepat.

7. Gunakan Paket Internet yang Lebih Baik

Tips terakhir agar main game online semakin lancar adalah menggunakan paket internet yang lebih baik. Kamu bisa memilih provider yang terpercaya. Setiap provider biasanya menawarkan beberapa jenis paket internet. Semakin cepat koneksi biasanya semakin mahal harganya.

Nah, itulah tadi penyebab dan cara mengatasi ketika koneksi lancar tapi tidak bisa main game online.

Posting Komentar

0 Komentar

ruby8000
ruby8000
rtp8000
ruby8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
cnnslot
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rbprediksi
taktikparlay