RIKO SIMANJUNTAK YANG KINI SUDAH MULAI TERPINGGIRKAN

 



R8 - Nama Riko Simanjuntak tidak bisa dipisahkan dengan Persija Jakarta dalam lima tahun terakhir. Ia bersama Andritany Ardhiyasa, Marko Simic, dan Maman Abdurrahman merupakan sisa pemain dari skuad yang menghadirkan gelar juara Liga 1 2018 untuk tim ibu kota.

Banyaknya pergantian pelatih yang terjadi di Persija setelah meraih juara tak berpengaruh besar terhadap Riko Simanjuntak, mulai dari Ivan Kolev, Julio Banuelos, Edson Tavares (caretaker), Sergio Farias, Sudirman (caretaker) sampai Thomas Doll. Pemain asal Siantar, Sumatera Utara itu tetap jadi bagian dari Macan Kemayoran.

Hanya pada era Thomas Doll, Riko Simanjuntak sempat beberapa kali tergantikan di posisi inti oleh pemain lain. Awal musim lalu merupakan mula dari hal ini terjadi.

Riko Simanjuntak mulai bisa menunjukan kualitas dirinya dengan sistem yang dibangun Thomas Doll. Ia tampil dalam 30 pertandingan dengan catatan lima gol dan sembilan assist pada Liga 1 musim lalu.

Kemudian di BRI Liga 1 2023/2024, Riko Simanjuntak sebetulnya terhitung cukup sering diturunkan Thomas Doll. Namun naas, ketika cedera pada saat laga melawan Persib Bandung, kini performa Riko Simanjuntak tidak lagi seperti dulu menurut sang pelatih, Riko masih memiliki sedikit kesempatan tampil sebagai starter sejak kembali merumput selepas cedera.

Dari sembilan pertandingan setelah sembuh dari cedera, Riko Simanjuntak hanya empat kali tampil sebagai starter. Dari empat kesempatan itu, ia hanya sekali bermain penuh alias tidak digantikan oleh pemain lain.

Bahkan dalam empat laga terakhir Persija, Riko Simanjuntak bisa dikatakan terpinggirkan. Saat melawan PSM Makassar (3/11) dan Bhayangkara FC (27/11), pemain bernomor punggung 25 itu hanya menghangatkan bangku cadangan.

Sementara saat Persija menghadapi Persikabo 1973 (9/11) dan Persita Tangerang (3/12), Riko Simanjuntak tampil sebagai pemain pengganti. Itu pun dari menit ke-81, artinya hanya sembilan menit sebelum waktu normal berakhir.

Terpinggirkannya Riko Simanjuntak saat ini diprediksi karena kondisi kebugaran sang pemain yang belum prima pasca sembuh dari cedera. Ini diakui oleh Riko.

"Saya bertekad untuk mengembalikan performa terbaik saya. Memang saat ini saya kurang dapat menit bermain seperti yang biasanya," ucap Riko Simanjuntak.

"Saat saya di locker room, siapa pun yang diturunkan pelatih, sebagai senior saya akan selalu support adik-adik saya," katanya menambahkan.

Selain karena kondisi kebugaran, Riko Simanjuntak untuk sementara ini terpinggirkan dari posisi pemain inti disebabkan oleh sejumlah faktor. Termasuk karena perubahan strategi dari Thomas Doll.

Belakangan, Thomas Doll lebih sering memainkan Maciej Gajos sebagai gelandang serang untuk menemani Rio Matsumura. Sementara posisi yang ditinggalkan Maciej Gajos Resky Fandi, bertandem dengan Hanif Sjahbandi.

Pakem ini membuat Persija lebih cenderung bertahan. Oleh sebab itu, Riko Simanjuntak yang punya karakteristik menyerang terpaksa dikorbankan ke bangku cadangan.

Posting Komentar

0 Komentar

ruby8000
ruby8000
rtp8000
ruby8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
cnnslot
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rbprediksi
taktikparlay