Merasa Sudah 'Cukup', Aleix Espargaro Resmi Pensiun dari MotoGP pada Akhir 2024

 

Merasa Sudah 'Cukup', Aleix Espargaro Resmi Pensiun dari MotoGP pada Akhir 2024
R8ESPORTSPembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, resmi mengumumkan keputusan untuk pensiun dari MotoGP pada akhir 2024. Hal ini ia sampaikan dalam jumpa pers di seri kandangnya, yakni Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, pada Kamis (23/5/2024).

Espargaro menjalani debutnya di GP125 Valencia pada 2004 sebagai pembalap wildcard. Ia kemudian mendapatkan kontrak semusim penuh pada 2005 dari Seedorf Racing, yakni tim balap milik dua eks pesepak bola tersohor, Clarence Seedorf dan Roberto Carlos.

Pada 2006, Espargaro membela Wurth Honda BQR, tapi harus naik ke GP250 pada tengah musim sebagai pengganti Martin Cardenas. Jalan menuju hasil baik pun berliku, puncaknya ketika tim yang seharusnya menaunginya, Italian Campetella Racing, mundur mendadak pada awal GP250 2009.

Sempat Jadi Asisten Pribadi Pol Espargaro

Pol Espargaro dan Aleix Espargaro (c) Instagram/AleixEspargaro

Espargaro pun tak punya tempat untuk balapan, dan ia hanya menjalani dua balapan di GP250 sebagai rider pengganti di Balatonring Team. Ia bahkan beralih profesi sebagai asisten pribadi sang adik, Pol Espargaro, yang kala itu membela Derbi Racing Team di GP125 untuk memperebutkan gelar dunia.

Pada tengah tahun, Espargaro mendadak dapat tawaran membela Pramac Racing, yakni tim satelit Ducati, dalam beberapa balapan. Ia menggantikan Mika Kallio, yang dipanggil ke Ducati Team sebagai pengganti Casey Stoner yang absen akibat intoleransi laktosa. Ia juga menggantikan Niccolo Canepa yang absen di dua seri terakhir akibat cedera.

Espargaro kemudian diumumkan sebagai pembalap permanen Pramac Racing untuk musim 2010. Ia memang enam kali gagal finis, tapi sekalinya berlaga dengan lancar, ia selalu ikut meramaikan perebutan posisi 10 besar. Sayang, ia mengakhiri musim di peringkat 14, dan kontraknya tak diperpanjang oleh Pramac Racing.


Sempat Turun Kelas ke Moto2

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Usai terdepak dari Pramac, Espargaro turun ke Moto2 pada 2011 dengan Pons Racing. Finis ketiga di Catalunya, Espargaro akhirnya meraih podium perdana di Grand Prix. Sayangnya, ia mengakhiri musim di peringkat 12. Pada musim 2012, ia pun kembali ke MotoGP bersama Aspar Team dan menjuarai kategori CRT pada 2012 dan 2013.

Pada 2014, Espargaro membela Forward Yamaha dan meraih satu podium. Ia kemudian diminta membela Suzuki Ecstar pada 2015 dan 2016, sebelum membela Aprilia Racing sejak 2017. Sepanjang kariernya, Espargaro meraih 12 podium Grand Prix, termasuk 3 kemenangan, serta 2 podium Sprint, termasuk 1 kemenangan.

Berikut pernyataan resmi Aleix Espargaro soal keputusannya pensiun seperti yang dikutip dari jumpa pers MotoGP Catalunya 2024.

Pernyataan Resmi Aleix Espargaro

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saya berterima kasih kepada semua orang yang sudah datang. Senang bertemu dengan Anda semua. Seperti yang sudah Anda dengar, pada akhir musim ini saya akan berhenti menjadi pembalap reguler MotoGP. Ini merupakan perjalanan yang menakjubkan, saya sangat menikmatinya.

"Ada banyak pembalap yang meraih kemenangan jauh lebih banyak daripada saya, tetapi saya sudah mengerahkan segalanya. Saya bekerja sangat keras. Saya tak punya talenta seperti kebanyakan pembalap, tetapi dengan bekerja keras, saya mencapai level yang tinggi.

"Bersama Aprilia, 2-3 musim belakangan ini terasa luar biasa, rasanya seperti mimpi. Ini adalah salah satu alasan saya memutuskan pensiun, karena saya sudah merasa cukup. Saya punya banyak penggemar. Saya pun ingin pensiun sebagai pembalap reguler dengan perasaan yang baik. Inilah alasan mengapa saya sangat senang."



Posting Komentar

0 Komentar

ruby8000
ruby8000
ruby8000
ruby8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
rtp8000
cnnslot
cnnslot
cnnslot
cnnslot
rtp8000
rbprediksi
taktikparlay